Beranda » Artikel Wisata » Sebelum Liburan, Baca Reportase Lengkap Paket Wisata Pulau Tidung Berikut  Ini

Paket Wisata Pulau Tidung – Selama ini destinasi wisata yang terkenal di Jakarta hanya seputar Dufan, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua, dan destinasi urban lain.

Masih banyak orang yang belum tahu atau sadar bahwa selain jenis wisata urban, Jakarta juga punya wisata alam yang menakjubkan. Tak kalah menakjubkannya dari Bali, Lombok, atau wisata pantai lain. Ia adalah Wisata Pulau Tidung.

Sejak lama Pulau  Tidung dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Bisa dikatakan, panorama apa yang kamu cari di Bali atau Lombok, dapat kamu temukan juga di Pulau Tidung.

Bagi kamu yang belum pernah ke sana dan berencana untuk mengadakan paket wisata Pulau Tidung, mimin akan berbagi reportase tentang ini. Ini reportase lengkap paket wisata Pulau Tidung. Simak baik-baik artikel berikut ya.

1. Akses Ke Pulau Tidung

Bertempat di lepas pantai teluk Jakarta, Pulau Tidung merupakan 1 dari 6 pulau berpenghuni di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Sebagai pulau berpenghuni, akses dari dan menuju ke Pulau Tidung termasuk sangat mudah.

Kamu dapat menggunakan pelayaran resmi dari UP APK (Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhan) Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Meski baru beberapa bulan dibuka, UP APK telah melayani hingga ribuan penumpang per bulannya  lho.

Jalur menuju pulau Tidung berawal dari dermaga Muara Angke atau Kali Adem, dimana jam keberangkatannya adalah pukul 09.00 waktu setempat. Harga tiketnya hingga reportase ini diturunkan adalah Rp 44.000. Rutenya dari Muara Angke / Kali Adem menuju Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, dan berakhir di  Pulau Tidung.

Waktu tempuh perjalanan adalah sekitar 3 – 4 jam. Untuk perjalanan kembali dari Pulau Tidung ke Muara Angke, jam keberangkatan adalah pukul 13.00 waktu setempat. Jadi pastikan sebelum berangkat atau kembali, kamu  sudah sampai di dermaga 1 -2 jam sebelumnya.

Oya, pihak UP APK juga menjamin tidak akan menjual tiket melebihi batas kuota penumpang. Namun jangan khawatir, karena telah ada hingga 6 kapal yang melayani jalur menuju dan dari  kepulauan Seribu. Tiket yang dibayarkan juga sudah termasuk peron dan asuransi.

Untuk yang ingin lebih cepat, kamu dapat menggunakan speedboat dari dermaga Marina, Ancol. Karena menggunakan speedboat, waktu tempuhnya hanya sekitar 1 – 2 jam.

Harga tiketnya  antara 135.000 – 160.000 tergantung hari. Saat hari biasa atau low season, kamu bisa mendapatkan harga termurah. Tapi saat weekend atau peak season, kamu bisa dikenakan harga tertinggi. Paket wisata pulau Tidung biasanya sudah termasuk tiket pulang pergi ke Pulau Tidung.

Jika kamu kamu mengunakan jalur dari Banten, kamu tidak perlu ke Jakarta terlebih dahulu. Karena perjalanan ke pulau Tidung juga dilayani melalu pelabuhan Rawasaban di Tangerang. Malah jarak dan waktu tempuhnya lebih dekat daripada dari Jakarta.

Tiketnya pun bisa didapat dengan harga sekitar 20.000 – 30.000 tergantung low  atau peak season. Dengan waktu tempuh hanya 1,5 jam, perjalanan mengunakan feri ini seperti tidak berasa.

2. Jembatan Cinta Antara 2 Pulau Tidung

Perlu kamu tahu, bahwa Pulau Tidung terbagi atas 2 pulau, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Selama ini yang menjadi lokasi pemukiman warga adalah pulau Tidung Besar. Sedangkan pulau Tidung Kecil digunakan sebagai kawasan konservasi hutan mangrove dan penjelajahan.

Jarak antara pulau Tidung Besar dan pulau Tidung Kecil hanya sekitar seratusan meter. Antara kedua pulau tersebut terbentang Jembatan Cinta. Jembatan ini merupakan ikon andalah Pulau Tidung dan terkenal hingga ke mancanegara.

Di tengah-tengah jembatan terdapat lengkungan yang merupakan jalur perlintasan perahu dan kapal nelayan. Konon, menurut kabar beredar, bagi pasangan yang melintas di  Jembatan Cinta, in sya Allah akan langgeng selamanya. Mengingatkan kita pada mitos Tanjakan Cinta di belakang danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru.

Spot tanjakan ini sangat instagrammable. Jadi bagi kamu yang melakukan paket wisata Pulau Tidung, pastikan tidak melewatkan kesempatan mengambil gambar di Jembatan Cinta ini ya. Dibumbui caption tentang cinta sejati, dijamin makin banyak follower kamu yang kepo. Hehee..

Yang paling seru, setiap sore biasanya banyak anak-anak sekitar yang berenang di  sekitar Jembatan Cinta menampilkan atraksi cari koin. Kamu hanya perlu melempar koin 500 atau 1000 rupiah ke laut  dan anak-anak tersebut akan berebut menyelam untuk mengambilnya.

PAKET WISATA PULAU TIDUNG MURAH 2019

3. Penginapan dan Akomodasi

Tidak sulit untuk mendapatkan penginapan di pulau Tidung, karena pada dasarnya memang pulau ini untuk pemukiman. Untuk penginapan, kamu bisa dapat di sekitar dermaga dengan harga berkisar antara Rp 150.000 – 400.000.

Adanya rentang harga tersebut karena biasanya penginapan berupa rumah atau cottage yang dapat digunakan untuk 2 – 8  orang. Makanya dalam paket wisata pulau Tidung, semakin banyak orang maka akan semakin murah.

Untuk kamu  yang ingin liburan ala backpacker di pulau Tidung, kamu  dapat menyewa tenda  di sekitar pulau Tidung Kecil. Sewa tenda murah kok, antara Rp 30.000 – Rp 50.000. Lagi-lagi tergantung peak atau low season.

Baca Juga : Paket Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Kalau kamu bawa tenda sendiri, juga boleh. Tapi dengan syarat minta izin dulu sama panitia yang disana ya. Izin mendirikan tenda antara Rp 5.000 – Rp. 20.000 per orang, tergantung jumlah orang. Semakin  banyak semakin murah, seperti biasanya. Biaya ini juga sekalian untuk meminta air putih buat masak-masak dari panitia.

Kalau menurut mimin, lebih bagus menyewa tenda saja. Selain harga akhirnya tidak terlampau  jauh berbeda, menyewa tenda juga sekalian menggerakkan ekonomi warga sana. Bagus, kan, selain liburan kita dapat sekalian beramal?

Yang perlu diperhatikan ketika kamu menggunakan tenda adalah kebersihan. SEMUA SAMPAH WAJIB DIBAKAR HABIS. Tuh, sampai-sampai mimin pasang capslock tentang peringatan ini.  Ini penting untuk menjaga kelestarian paket Wisata Pulau Tidung ke depannya.

Oya, bagi kamu yang nggak bawa alat snorkeling, sewa lewat panitia ini juga lebih murah lho. Kalau lagi low season, kamu dapat harga sampai Rp 30.000 yang bisa kamu pakai seharian. Asyik, kan?

4. Kuliner Pulau Tidung

Kuliner apa yang pasti ada di  wisata pantai atau kepulauan? Jawabannya sudah pasti, seafood. Kalau biasanya  di pulau besar (baca: Jakarta) harga ayam jauh lebih murah dari seafood. Disini kamu bisa dapat kepiting besar yang sudah matang sama dengan harga ayam.

Kalau kamu ikut paket wisata pulau Tidung, biasanya sudah termasuk makan selama 3 kali sehari. Tapi kalau pergi dan cari penginapan sendiri, pemilik akan menawarkan catering. Harganya  lumayan, antara Rp 60.000 – Rp 90.000 per hari untuk 3 kali makan. Tapi kalau kamu cari-cari makan di luar agar tidak terlalu terbatas waktu  pun tak masalah.

Untuk harga ikan bakar yang sudah matang, biasanya antara Rp 70.000 – 100.000 per kg. Menariknya, kalau bujet kamu benar-benar tipis, kamu dapat memancing di sekitar pulau Tidung Kecil ketika malam.

Lumayan, hanya dengan modal sosis, bisa bakar ikan. Ikannya banyak kok, nggak perlu menunggu  lama. Hanya memang tidak sebesar ikan kalau kita beli. Tapi sambil santai  dan menikmati suasana, memancing di sana benar-benar seru.

5. Apa Saja Aktivitas di Pulau Tidung?

Kalau mimin buat dalam bentuk list / daftar, mungkin seperti ini ya:

  1. Wisata kuliner khas Pulau Tidung (Kerupuk Cue, Kerupuk Sukun)
  2. Snorkeling dan Diving
  3. Panorama Sunset dan Ombak Malam (Apalagi kalau purnama)
  4. Fotografi di Jembatan Cinta
  5. Penangkaran Hiu dan Penyu (di Pulau Sebelah, naik kapal hanya 1 jam saja)
  6. Jalan-jalan keliling pulau dengan sepeda
  7. Dan lain-lain

Nah, itu dulu ya, tentang reportase paket Wisata Pulau Tidung. Sekadar info ya, saat ini paket wisata pulau Tidung bisa didapat mulai harga 200 ribu-an lho. Tunggu apa lagi, ayo segera ke pulau Tidung. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman ya..

 

Paket wisata pulau tidung murah dan Lengkap 2019 | Hubungi Segera 0821-2552-4561

 

 

 

 

 

 

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.